KEBIJAKAN PRIVASI DAN OTORISASI
PT. Layanan Keuangan Berbagi (Dana Rupiah) berkomitmen tinggi untuk menjaga privasi dari konsumen kami. Informasi yang didapatkan oleh PT Layanan Keuangan Berbagi hanya akan digunakan untuk keperluan usaha PT. Layanan Keuangan Berbagi yang berhubungan dengan pinjaman yang dilakukan oleh konsumen/pengguna layanan aplikasi ini, termasuk namun tidak terbatas pada analisa kelayakan terhadap produk pinjaman, keperluan untuk memproses transaksi, melaksanakan perintah pengadilan, proses hukum yang berlaku, dan proses laporan kepada OJK. PT Layanan Keuangan Berbagi tidak akan membagikan infomasi pribadi konsumen dan atau ex-konsumen kami kepada pihak ketiga manapun selain untuk keperluan di atas. Terkait dengan penjelas tersebut diatas, setiap pengguna aplikasi Dana Rupiah wajib mematuhi kebijakan privasi dan otorisasi sebagai berikut:
  • A. KETENTUAN UMUM

    1. Dana Rupiah adalah perusahaan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia;

    2. Pengguna adalah individu atau badan hukum yang cakap di hadapan hukum untuk mewakili dirinya sendiri berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;

    3. Pengguna berkeinginan untuk menggunakan layanan Dana Rupiah;

    4. Dana Rupiah wajib melakukan verifikasi identitas calon peminjam;

    5. Pengguna bersedia memberikan informasi pribadi kepada dan untuk digunakan oleh Dana Rupiah.

    6. Afiliasi adalah setiap perusahaan atau badan hukum yang (a) mengendalikan suatu Pihak baik secara langsung maupun tidak langsung, atau (b) yang dikendalikan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh suatu Pihak, atau (c) dikendalikan secara langsung maupun tidak langsung oleh perusahaan atau badan yang secara langsung atau tidak langsung mengendalikan suatu Pihak. Konteks “Pengendalian” dalam Pasal ini adalah kepemilikan langsung atau tidak langsung atas mayoritas saham atau hak suara dalam suatu perusahaan, kemitraan atau badan hukum.

    7. Akun Dana Rupiah adalah identitas unik yang diberikan kepada Pengguna ketika menggunakan Layanan Dana Rupiah;

    8. Data Pribadi berarti termasuk namun tidak terbatas pada (i) nama, (ii) tanda pengenal/identitas, (iii) alamat, (iv) nomor telepon dan alamat surat elektronik yang biasa digunakan, (v) informasi biometrik, (vi) kontak darurat (vii) dan informasi tambahan lainnya yang diperlukan Dana Rupiah dalam melakukan verifikasi identitas calon peminjam.

    9. Informasi Operasi Pengguna berarti termasuk namun tidak terbatas pada alamat IP komputer, model perangkat keras, sistem operasi yang digunakan Pengguna, lokasi Pengguna saat mengakses Sistem Elektronik layanan Dana Rupiah, dan informasi lain yang terkait dengan layanan Dana Rupiah;

    10. Keadaan Kahar berarti suatu keadaan atau kejadian yang berada di luar kendali yang tidak disebabkan karena kelalaian salah satu Pihak dan tidak dapat diperkirakan sebelum Para Pihak menandatangani Perjanjian serta yang secara langsung mempengaruhi pelaksanaan Perjanjian. Keadaan atau kejadian tersebut termasuk namun tidak terbatas pada: kebakaran, banjir, gempa bumi, angin topan, letusan gunung berapi, wabah penyakit, pemogokan buruh, perang atau tindakan kekerasan atau sejenisnya baik dinyatakan maupun tidak dinyatakan secara tegas, tindakan Pemerintah untuk mengubah/mencabut/menerbitkan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan usaha Dana Rupiah. Keadaan Kahar tidak termasuk kekurangan atau ketiadaan dana Pengguna, atau pencabutan izin usaha;

    11. Layanan Dana Rupiah meliputi, tetapi tidak terbatas pada penilaian kredit, penagihan dan pembayaran, dan layanan lainya yang disediakan oleh Dana Rupiah sebagaimana dapat diakses melalui Sistem Elektronik Dana Rupiah;

    12. Pemerintah berarti pemerintah Republik Indonesia yang diwakili oleh kementrian apapun termasuk pemerintah daerah, badan dan biro yang berwenang, Pemerintahan”, saat dicetak kapital harus menjadi kata sifat dari Pemerintah.

    13. Pihak Ketiga berarti setiap pihak selain Dana Rupiah atau Pengguna.

    14. POJK 77 berarti Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.77/POJK.01/2016.

    15. Sistem Elektronik Dana Rupiah berarti sarana teknologi informasi yang dimiliki oleh Dana Rupiah  dan aplikasi mobile Dana Rupiah yang dikelola oleh Dana Rupiah dengan layanannya dalam rangka menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi;

    16. Usia Pengguna, untuk terdaftar pada situs dan aplikasi Dana Rupiah, pengguna harus berusia 21 tahun ke atas, usia di bawah 21 tahun tidak diperkenankan untuk menggunakan layanan Dana Rupiah. Berdasarkan pertimbangan tertentu Dana Rupiah dapat memberikan persetujuan kepada pengguna yang berusia kurang dari 21 tahun untuk menggunakan aplikasi ini.

    17. Pengguna bersedia memberikan Data Pribadi Pengguna kepada dan mengizinkan Dana Rupiah untuk mengumpulkan, menggunakan, serta menyimpan Data Pribadi Pengguna untuk keperluan verifikasi calon penerima pinjaman;

    18. Dana Rupiah akan menerima , mengumpulkan, menggunakan dan menyimpan serta menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna guna melakukan verifikasi identitas Pengguna sebagai calon penerima pinjaman;

    19. Pengguna dilarang untuk menyebarluaskan atau membagi setiap informasi yang didapatkan olehnya melalui penggunaan layanan Dana Rupiah, baik informasi mengenai Dana Rupiah maupun mengenai Pengguna, kepada pihak ketiga manapun tanpa mendapatkan persetujuan tertulis dari Dana Rupiah sebelumnya.

  • B. DATA PRIBADI PENGGUNA

    1. Pengguna memberikan otorisasi kepada Dana Rupiah untuk mengumpulkan dan menggunakan Data Pribadi Pengguna;

    2. Data Pribadi Pengguna yang wajib diberikan kepada Dana Rupiah dan dapat dikumpulkan, digunakan, disimpan oleh Dana Rupiah termasuk namun tidak terbatas pada;

    a. Identitas diri; seperti (i) nama, (ii) tanda pengenal/identitas, (iii) alamat, (iv) nomor telepon dan alamat surat elektronik yang biasa digunakan, (v) informasi biometrik, (vi) kontak darurat (vii) dan informasi tambahan lainnya yang diperlukan Dana Rupiah dalam melakukan verifikasi identitas calon peminjam.

    b. Rekening bank Pengguna atau rekening pembayaran lainnya;

    c. Tempat dilakukannya pendaftaran pada akun Dana Rupiah di Sistem Elektronik Dana Rupiah;

    d. Informasi dari media sosial;

    e. Informasi dari daftar kontak yang terdapat pada telepon seluler, akun media sosial maupun email;

    f. Informasi transaksi melalui Akun Dana Rupiah;

    g. Informasi dari Pihak Ketiga terkait layanan Dana Rupiah;

    h. Informasi Operasi Pengguna;

    i. Informasi yang diberikan pada saat Pengguna menghubungi tim layanan pelanggan Dana Rupiah, dan informasi yang diberikan saat Pengguna berpartisipasi dalam survey, kuisioner dari Dana Rupiah;

    j. Email dan akun media sosial; dan

    k. Informasi yang dikumpulkan saat Pengguna berinteraksi dengan Afiliasi dan mitra bisnis Dana Rupiah.

    3. Pengumpulan Data Pribadi Pengguna oleh Dana Rupiah dilakukan dengan melakukan akses termasuk namun tidak terbatas pada:

    a. Akun Dana Rupiah milik Pengguna;

    b. Akun Media Sosial Pengguna (Facebook, Twitter, LinkedIn, dan akun lainnya);

    c. Akun bisnis elektronik Pengguna (Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, Elevenia, Ticket.com, Traveloka, Agoda, dll);

    d. Nomor ponsel Pengguna; dan

    e. Memverifikasi kepemilikan akun rekening bank untuk penggunaan layanan Dana Rupiah

    4. Pengguna dapat mengubah Data Pribadi Pengguna sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh Dana Rupiah dan wajib segera menginformasikannya kepada Dana Rupiah

  • C. PENGGUNAAN DATA PRIBADI PENGGUNA

    1. Pengguna memberikan otorisasi kepada Dana Rupiah untuk menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk kepentingan:

    a. Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku;

    b. Penyelenggaraan jasa pinjam meminjam;

    c. Peningkatan Layanan Dana Rupiah kepada Pengguna;

    d. Pemberitahuan kepada Pengguna tentang status Layanan Dana Rupiah atau untuk menerima informasi tentang Layanan Dana Rupiah, serta untuk memberitahukan Pengguna mengenai status pemasaran dan informasi elektronik komersial lainnya;

    e. Pencegahan perbuatan melawan hukum; dan

    f. Kegunaan lain yang diizinkan oleh Pengguna.

    2. Dengan tunduk pada ketentuan di atas, Dana Rupiah dapat bekerjasama dan melakukan pertukaran Data Pribadi Pengguna untuk keperluan mitigasi risiko dengan:

    a.Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”);

    b.Payment Gateway Partner dan Payment Channel partner;

    c.Penyelenggara layanan pendukung berbasis teknologi informasi;

    d.Afiliasi Dana Rupiah; dan

    e.Karyawan, pegawai, Direktur Dana Rupiah dan Afiliasi Dana Rupiah.

    3. Terhadap kontak darurat yang diberikan oleh pengguna kepada Dana Rupiah, pengguna dengan ini memberikan hak kepada Dana Rupiah untuk melakukan panggilan telepon pada kontak darurat tersebut apabila Dana Rupiah tidak dapat menghubungi pengguna paling sedikit dalam waktu 4 (empat) hari kerja setelah tanggal jatuh tempo pembayaran guna memberikan informasi atas tagihan pengguna dan menyampaikan pemberitahuan bahwa pengguna belum memenuhi kewajiban berdasarkan Perjanjian Pinjaman.

  • D. PERLINDUNGAN DATA PRIBADI PENGGUNA

    Dana Rupiah akan berupaya sebaik mungkin menjaga kerahasiaan setiap Data Pribadi Pengguna, baik yang disampaikan langsung oleh Pengguna pada saat pendaftaran Akun Dana Rupiah, maupun yang dikumpulkan oleh Dana Rupiah berdasarkan kebijakan privasi ini baik dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang teruji keamanannya secara fisik, elektronik dan administrasi yang wajar.

  • E. PENYIMPANAN DATA PRIBADI PENGGUNA

    1. Semua Data Pribadi Pengguna yang diterima Dana Rupiah akan disimpan dengan aman di negara Indonesia dan di lokasi Afiliasi Dana Rupiah;

    2. Setelah lewatnya jangka waktu penyimpanan sebagaimana dimaksud huruf F, Pengguna dapat meminta Dana Rupiah untuk memusnahkan Data Pribadi Pengguna baik pada Sistem Elektronik Dana Rupiah.

  • F. JANGKA WAKTU PERLINDUNGAN DAN PENYIMPANAN DATA PENGGUNA

    1. Perlindungan serta penyimpanan Data Pengguna berlaku efektif pada tanggal pendaftaran Akun Dana Rupiah atas nama Pengguna pada Sistem Elektronik Dana Rupiah;

    2. Dana Rupiah berhak menyimpan Data Pribadi Pengguna di sistem elektronik Dana Rupiah paling singkat selama 5 (lima) tahun sejak penutupan Akun Dana Rupiah Pengguna berdasarkan kebijakan privasi ini. Ketentuan ini akan tetap berlaku walaupun Perjanjian yang timbul dari penggunaan aplikasi Dana Rupiah ini berakhir atau diakhiri.

  • G. PERNYATAAN DAN JAMINAN

    1. Dana Rupiah menjamin bahwa Dana Rupiah adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia yang telah mendapatkan izin usaha sebagaimana diatur oleh Undang-Undang yang berlaku dan akan menjaga keberlakuan izin usaha tersebut sampai dengan berakhirnya Perjanjian terhadap penggunaan Aplikasi Dana Rupiah;

    2. Pengguna adalah warga negara Indonesia yang cakap hukum serta mampu bertindak untuk dan atas namanya sendiri berdasarkan hukum Indonesia;

    3. Pengguna merupakan pemilik Data Pribadi dan berhak mengungkapkan Data Pribadi Pengguna kepada Dana Rupiah;

    4. Pengguna adalah satu-satunya pihak yang dapat menggunakan akun Dana Rupiah milik Pengguna;

    5. Pengguna akan menjaga kerahasiaan kata sandi Akun Dana Rupiah milik Pengguna;

    6. Pengguna bertanggung jawab sendiri untuk semua tindakan dan pernyataan yang dibuat dengan menggunakan Akun Dana Rupiah dan kata sandi Akun Dana Rupiah milik Pengguna;

    7. Pengguna memberikan Data Pribadi yang akurat, benar, valid, terkini dan lengkap sesuai dengan persyaratan pendaftaran Akun Dana Rupiah;

    8. Pengguna menaati semua instruksi, syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat mengajukan permohonan melalui Sistem Elektronik Dana Rupiah;

    9. Pengguna tidak akan mengajukan permohonan ganti nama asli untuk tujuan apa pun yang melanggar hukum atau dilarang oleh Perjanjian ini. Pengguna tidak akan menggunakan layanan Dana Rupiah dengan cara apapun yang dapat melumpuhkan, mengganggu atau menyebabkan kerusakan ke website lain; dan

    10. Pengguna tidak akan memperoleh atau berusaha memperoleh informasi selain yang disediakan pada Sistem Electronic Dana Rupiah terkait Layanan Dana Rupiah, dengan cara melanggar hukum atau Perjanjian ini.

    11. Dana Rupiah terdaftar dan diawasi oleh OJK;

    12. Dengan tetap tunduk pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Dana Rupiah akan menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna dalam Sistem Elektronik Dana Rupiah; dan

    13. Dana Rupiah akan menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk kepentingan permohonan pinjaman dan pemutakhiran Layanan Dana Rupiah kepada Pengguna.

  • H. INDEMNIFIKASI

    Pengguna wajib melindungi, mengganti rugi dan membebaskan Dana Rupiah dari dan terhadap segala klaim, kerugian, pertanggungjawaban, tuntutan, gugatan serta putusan (termasuk biaya hukum) yang timbul karena adanya :

    1. Kerugian Pihak Ketiga;

    2. Penyalahgunaan Data Pribadi oleh pihak selain Dana Rupiah;

    3. Penggunaan Akun Dana Rupiah oleh Pengguna;

    4. Penggunaan dana pinjaman oleh Pengguna;

    5. Pengungkapan Kata Sandi kepada Pihak Ketiga yang dilakukan bukan oleh Dana Rupiah;

    6. Tautan terhadap Website selain Sistem Elektronik Dana Rupiah;

    7. Masalah yang terdapat pada sistem bank yang digunakan dan dipilih Pengguna;

    8. Masalah jaringan operasi terkait koneksi bank atau faktor Keadaan Kahar lainnya;

    9. Penggunaan atau kegagalan Pengguna dalam menggunakan Layanan Dana Rupiah;

    10. Biaya dan kerugian karena pembelian atau pengambilalihan barang, sampel, data, informasi atau transaksi yang sah oleh Pengguna melalui Layanan Dana Rupiah;

    11. Kesalahpahaman Pengguna atas Layanan Dana Rupiah;

    12. Kerugian lain yang timbul dari Layanan Dana Rupiah yang tidak disebabkan oleh Dana Rupiah;

    13. Setiap kerusakan yang disebabkan oleh serangan peretas, gangguan atau serangan virus pada komputer, penyesuaian teknis di sektor telekomunikasi, penutupan sementara karena peraturan pemerintah, dan kerusakan lainnya yang bukan merupakan kesalahan informasi yang telah diotentikasi Dana Rupiah bocor, hilang, dicuri atau dirusak;

    14. Segala risiko yang timbul akibat devaluasi mata uang;

    15. Tidak terpenuhinya faktor validitas, akurasi, ketepatan, keandalan, kualitas, stabilitas, kelengkapan atau ketepatan waktu dari informasi dan teknologi pada Layanan Dana Rupiah.

  • I. PERUBAHAN PADA KEBIJAKAN PRIVASI

    1. Pengguna setuju bahwa Dana Rupiah, atas dasar pertimbangan Dana Rupiah sendiri, dapat mengubah atau menambahkan persyaratan dari waktu ke waktu. Perubahan atau penambahan atas persyaratan tersebut akan berlaku setelah Dana Rupiah mengumumkan perubahan atau penambahan Perjanjian tersebut melalui media elektronik ataupun media komunikasi lain yang dipilih oleh Dana Rupiah. Perubahan Perjanjian akan berlaku efektif segera setelah dipublikasikan;

    2. Pengguna dapat mengakses perubahan Perjanjian tersebut melalui halaman Sistem Elektronik Dana Rupiah dan Layanan Dana Rupiah;

    3. Jika Pengguna memutuskan untuk tetap menggunakan Layanan Dana Rupiah setelah pemberitahuan perubahan tersebut berlaku efektif, maka Pengguna dianggap telah sepenuhnya membaca, memahami dan sepakat atas seluruh isi kebijakan privasi ini termasuk segala perubahannya.

    4. Jika Pengguna tidak setuju dengan isi dari perubahan kebijakan sebagaimana dimaksud dalam angka 3, Pengguna wajib segera menginformasikan penolakan tersebut kepada Dana Rupiah dan sepakat untuk berhenti menggunakan Layanan Dana Rupiah, kecuali kewajiban Pengguna dalam memenuhi kewajiban pembayaran atas Perjanjian Penerimaan Pinjaman.

DISCLAIMER RISIKO
  • 1. 1.Pengguna Layanan Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi ("Fintech Lending") merupakan wujud kesepakatan dan hubungan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman sehingga segala resiko dan akibat hukum daripadanya ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak yang berkontrak. 

    2. Resiko Kredit atau Gagal Bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan pinjam meminjam ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut.

    3. Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman Pinjam-Meminjam atau Fintech lending, disarankan tidak menggunakan layanan ini. 

    4. Sebelum memanfaatkan Fintech Lending, Penerima Pinjaman wajib mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya-biaya lainnya sesuai dengan kemampuannya dalam melunasi pinjaman. 

    5. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial serta dapat menjadi alat bukti hukum yang sah menurut peraturan mengenai informasi dan transaksi elektronik dalam proses penyelesaian sengketa dan penegakan hukum. 

    6. Masyarakat pengguna wajib membaca dan memahami informasi ini sebelum keputusan sebagai Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman. Keputusan Pengguna untuk memanfaatkan Fintech Lending merupakan suatu wujud dan bukti pemahaman Pengguna atas Informasi ini.

    Dengan mengklik tombol “Setuju”, Pengguna menyatakan telah memahami dan mengerti serta setuju terikat pada setiap peraturan dan kebijakan yang ditentukan oleh Dana Rupiah di dalam Aplikasi ini, dengan demikian kebijakan privasi ini ditandatangani dengan menggunakan tanda tangan elektronik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik pada tanggal pembukaan akun dan mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perjanjian yang dibuat dan ditandatangani.

隐私保护
DanaRupiah致力于维护消费者的隐私。 本网页载有我们从消费者处收集的任何个人资料,除了印尼盾基金的业务需要,我们不会分享消费者或前消费者的任何个人资料,包括处理交易的贷款、除非用户产品的可行性分析,执行法庭命令,法律程序 申请,并处理报告给OJK。
  • 1. 拿到的信息、这么拿的信息跟管理

    当您通过应用程序向我们提供消费者个人信息时,Danarupiah会收集消费者个人信息,并在消费者与应用程序交互时使用用户自动生成的应用程序的使用信息。

  • 2. Danarupiah得到的各种信息

    个人信息,工作信息,第三方信息,银行账户信息和货币也通过全球定位系统(GPS)技术检索您的位置信息,这有助于我们确保您的位置在我们的服务范围内,从而更好地评估您的信用信用 ,我们的服务的使用是完全自愿的,你不需要提供这样的信息,除非你选择使用我们的Danarupiah服务。

  • 3. Danarupiah如何管理你的个人信息

    我们从您处收集的信息将以电子方式存储,并将用于以下目的进行管理:

    要检查您提交的意见是否使用您的实际信息,而不是使用您的身份的其他人;

    根据适用条款确定您是否有资格获得贷款;

    与您就您的账户进行沟通,以及在您致电或访问我们的移动应用程序时执行身份识别过程中的信息,并在我们的服务发生任何变化时提供最新信息。

    如果您的贷款获得批准,在贷款申请过程中确认您提供的信息是真实的,以确保交易过程的安全。

    解决您与我们签署的合同所产生的义务。

  • 4. Danarupiah如何保护消费者的个人信息

    (1)Danarupiah试图用最新的技术来保护你的信息。 我们将坚持现行规定,确保您的信息安全可靠,并限制访问,以保护您免受各种形式的欺诈。 您有责任保护您的帐户访问代码和用户标识和密码,以便其他消费者无法访问您的帐户。

    (2)为了您的信息,Danarupiah不能保证通过我们的应用程序传输的数据的安全性,传输过程成为您的责任。 当我们收到您的数据或信息时,我们将使用严格的安全程序和功能,以防止未经授权的访问。

    (3)Danarupiah完全遵守和遵守印度尼西亚普遍的数据保护法规。

  • 5. Danarupiah在提供个人信息消费者方面的例外

    Danarupiah将向服务提供商,借款人以及协助执行我们业务运营某些部分(包括服务流程,付款,防欺诈,数据存储等)的公司成员披露客户个人信息:

    Danarupiah还将与任何法律和法院的第三方分享消费者信息,以防止财务损失,举报所谓的非法活动,或调查违反我们的用户协议。

    Danarupiah不会出于任何目的向任何第三方出售或出租任何消费者数据或信息,除非我们应用政策变更并通知您此类变更。

    当然,如果您在贷款申请中提供的欺诈申报中向我们提供了虚假和不准确的信息,我们可能会将其记录在您的信用记录中,并与报告给法律实体或防欺诈机构。

  • 6. 年龄

    为了能够使用我们的Danarupiah服务,您必须年满18岁或以上。 如果您不符合年龄要求,则不允许您使用此Danarupiah服务。

  • 7. 改变隐私政策

    我们将通过短信或电子邮件发送有关我们隐私政策方面的任何更改的通知,以审查新的隐私政策。